PERBEDAAN ANTARA PEMIMPIN DENGAN PIMPINAN

Suatu organisasi atau perusahaan, baik itu yang baru merintis atau sudah berkembang ataupun yang sudah besar pasti membutuhkan seorang leader, dimana leader tersebut akan membawa suatu kemajuan bagi organisasi ataupun perusahaan tersebut.

Seorang karyawan ataupun anggota didalam suatu organisasi maupun perusahaan membutuhkan figur leader yang baik, bisa mengayomi dan membela bukannya bersikap seperti mandor asal main perintah, begitu tidak suka langsung main pecat atau main ancam seperti "saya yang berhenti atau dia yang diberhentikan".

lucu juga ya ancamannya hehehehehe....

Seorang leader yang tidak bijaksana (bersikap sebagai mandor) adalah jikalau dia memaksakan ataupun antipati dan merasa bahwa karyawan tersebut sebagai ancaman akan kewibawaan dia sebagai seorang leader.

Dari cerita diatas, tipikal manakah yang cocok untuk seorang leader ?apakah harus menjadi pemimpin atau pimpinan?

Semua orang pada dasarnya dilahirkan untuk menjadi pemimpin, hanya waktulah yang akan membentuk karakter orang tersebut apakah layak menjadi pemimpin atau seorang pimpinan, dimana  kita akan tetap menjadi pemimpin bagi diri kita.

Defenisi Pemimpin dan Pimpinan

Pemimpin adalah orang yang yang mempunyai orientasi pada kesepakan bersama, penentuan visi misi bersama, pemecahan masalah bersama, bisa membela, mengayomi ataupun mempertahankan seorang karyawan sebagai aset yang berharga.

Sedangkan Pimpinan adalah orang yang diangkat dalam artian suka atau tidak suka bawahannya ia tetap akan memegang suatu jabatan tertinggi didalam organisasi, memiliki otoritas dan oleh petinggi diatasnya ia diberikan tempat yang istimewa atau spesial karena kemampuannya atau karena sudah lama ikut dengan petinggi diatasnya dan diberi kewenangan spesial sehingga bawahan ataupun karyawannya menjadi takut, dengan kata lain dia takut akan kehilangan jabatannya kelak.




Pemimpin itu berorientasi pada kesepakatan bersama. Penentuan visi-misi bersama, pemecahan masalah bersama adalah hal-hal yang biasa dilakukan oleh seorang pemimpin. Sedangkan Pimpinan, berorientasi pada pelaksanaan perintah yang diberikan. Prosedur yang hierarkis, sistem yang terstruktur panjang adalah suatu hal yang menjadi kebiasaan pimpinan.
  
Seorang pimpinan entah dia itu capable atau tidak, tetap harus sebagai leader meski terkadang tidak memiliki jiwa pemimpin, namun seorang pemimpin itu memang layak untuk dicari dan dipertahankan jikalau dia bisa memenuhi kriteria seorang pemimpin.



Berbicara pimpinan bisa siapa saja untuk memimpin, namun yang harus kita kritisi adalah apakah memang dia pantas jadi pimpinan atau apa benar ia memiliki jiwa pemimpin? sebenarnya yang harus kita cari adalah seorang pemimpin yakni orang-orang yang bertanggungjawab dengan segala kesadarannya untuk menjaga amanah yang diberikan kepadanya, yang berani mengambil resiko untuk kepentingan umum meski dirinya sendiri harus menderita.

Perbedaan antara Pemimpin dengan Pimpinan
berikut adalah perbedaan antara pemimpin dengan pimpinan :
1. Seorang Pemimpin bersikap Demokratis sedangan Pimpina Otoriter
2. Seorang Pemimpin melihat masalah sebagai kesempatan yang dapat diatasi dan berubah menjadi pertumbuhan sedangkan Pimpinan melihat masalah sebagai musibah yang akan menghancurkan
3. Seorang Pemimpin bisa mengayomi, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan siapapun dan orang akan segan sedangkan Pimpinan hanya akan menjadi jendral yang harus ditaati segala perintahnya
4. Seorang Pemimpin untuk memimpin sedangkan Pimpinan untuk memberikan perintah
5. Seorang Pemimpin menyelesaikan masalah dan memperbaiki masalah sedangkan Pimpinan menyalahkan dan tidak mau dikatakan salah
6. Seorang Pemimpin menguasai 90% bawahan yang kooperatihf sedangkan Pimpinan menguasai sisanya
7. Seorang Pemimpin memupuk antusiasme yang tinggi sedangkan Pimpinan menyebabkan timbulnya dendam
8. Seorang Pemimpin menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan sedangkan Pimpinan menciptaakan lingkungan kerja yang sebaliknya
9. Seorang Pemimpin membangun suatu unsur kepercayaan didalam bekerja sedangkan Pimpinan menciptakan rasa benci didalam diri bawahannya
10. Seorang Pemimpin mengatakan "kita" sedangka Pimpinan mengatakan "saya"
11. Seorang Pemimpin tahu bagaimana suatu karir harus dibangun sedangkan Pimpinan tahu bagaimana pekerjaan yang dilakukan atau dikerjakan
12. Seorang Pemimpin mengandalkan kerjasama sedangkan Pimpinan mengandalkan kekuasaan dan bersikap ABS (Asal Bapak Senang)


Inti dari perbedaaan keduanya adalah KEPEMEMPINAN. Dimana seorang pemimpin merupakan buah hasil dari proses kepemimpinan, dan pimpinan adalah simbol dari struktur suatu organisasi. Jadi, setiap pimpinan belum tentu dia adalah pemimpin, namun setiap pemimpin sudah barang tentu layak menjadi pimpinan. (Sama seperti bedanya seorang bos atau mandor dan seorang leader).

Dari penjelasan di atas kita sudah dapat memahami apa perbedaan antara seorang PIMPINAN dengan seorang PEMIMPIN. Tinggal kita yang mengarahkan diri kita ini mau menjadi apa.
Seorang leader yang sukses adalah jika ia berhasil mennjadi pemimpin yang disukai bawahan bukan karena menjadi seorang pimpinan yang ditakuti. 

Seorang pimpinan yang ditakuti dan tidak disenangi para bawahan hanya tinggal tunggu waktu saja, begitu tidak menjabat lagi maka dia akan di lecehkan.

Dari penjelasan di atas kita sudah dapat memahami apa perbedaan antara seorang PIMPINAN dengan seorang PEMIMPIN. 

Tulisan saya ini untuk mengajak anda memahami makna dan arti dari Pemimpin dan Pimpinan, Tinggal kita yang mengarahkan diri kita ini mau menjadi apa.

1 komentar:

Why Do I Make Money From Betting? - Work-to-Earn Money
If you have a 메리트 카지노 주소 money account 인카지노 from a sportsbook you can งานออนไลน์ win a lot more cash than you'd win by betting on To bet with Bet365, you'll need to


EmoticonEmoticon